Sabtu, 22 Oktober 2016


PARTISIPASI ENGLISH COMMUNITY PADA PERAYAAN ULANG TAHUN PERGURUAN NASIONAL YANG KE -71



 Perguruan Nasional Makassar merupakan salah satu perguruan tertua yang berdiri  pada tanggal 8 Oktober 1945. Perguruan ini disebut juga dengan sekolah perjuangan karena  melahirkan para pejuang- pejuang pembela bangsa dan Negara diantaranya Robert Wolter Mongonsidi dan  Emmy Saelan. Akses yang stategis tepatnya di jln. Dr. Ratulangi No.84, Mariso kota Makassar  menjadikan sekolah ini lebih familiar di Makassar. Ada 4 Tingkat pendidikan yang dibina oleh Perguruan Nasional yakni; SD, SMP, SMA dan SMK.



Tahun ini Perguruan Nasional berulang tahun yang ke71, seperti tahun-tahun sebelumnya semua siswa-siswa dan guru-guru ikut berpartisipasi dalam beberapa kegiatan ,seperti gerak jalan santai yang di meriahkan dengan pengundian doorprize, pertandingan sepak takraw, volley dan lomba bernyanyi.



Satu hal yang menjadi kebanggaan dan menangkap banyak perhatian semua siswa adalah kedatangan 3  foreigners Maciej Stachowiak ( Polandia), Marta Suarez Fernandez-Cid( Spayol) dan  Atheniori Bruel Botoarison ( Madagaskar) yang berbeda warga negara datang memenuhi undangan English Community of Nasional School.  kedatangan mereka juga atas izin dari kantor Urusan Internasianal ( KUI) . Mereka adalah Mahasiswa UNISMUH yang mengikuti program pertukaran pelajar atau yang biasa dikenal dengan Student Exchange Program.  Hari itu tepatnya hari senin 3 Oktober 2016 saya mencoba  ,merangkai kegiatan demi kegiatan  menjadi suatu tulisan yang bisa motivasi  kita menuju masa depan  anak bagsa yang gemilang.   Di awali dengan kegiatan gerak jalan santai yang sangat bersemangat semua siswa , guru, dan staf perguruan Nasional menunjukkan rasa gembira ketika menunggu doorprize tiba. Dilanjutkan dengan  Sharing Session  Kepala Sekolah, semua guru bhs Inggris dan anggota English community berkumpul di satu ruangan  tepatnya di ruangan XII IPA 1 dalam acara SHARING SESSION  dengan tema: The Increasing Students' Motivation In Learning English yang dibuka oleh  Ketua Yayasan Perguruan Nasional, Drs. H. Bapak Syarifuddin shaleh, M.Si.



 Sharing Session ini merupakan suatu  bentuk kegiatan yang positif untuk  menambah motivasi siswa-siswa  dalam belajar Bahasa Inggris. Di acara  tersebut semua siswa bisa melihat secara nyata bahwa meskipun kita berbeda warga Negara namun kita bisa saling berkomunikasi berbagi  pengalaman dan informasi hanya dengan satu Bahasa yaitu Bahasa Inggris. Setiap  member atau anggota yang hadir di berikan kesempatan untuk bertanya, Seputar budaya , pendidikan, dan pengalaman.  Ini bertujuan untuk menghidupkan hubungan interactive antara  foreigner dan anggota-anggota English Community. Acara ini juga menjadi lebih meriah dengan kehadiran beberapa  alumni - alumni yang sangat interest dengan  Bahasa Inggris.



 Hari ke 2  merupakan hari yang mendebarkan bagi anggota English Community, karena di hari tersebut di adakan perlombaan pidato Bahasa Inggris  yang bertemakan ; Full Days School and Nationalism . Ada 10 participant atau kontestant  yang ikut memeriah acara tersebut. Mereka adalah :  Franklin ( XII IPA 1), Maria ( XII IPA2), Kiki ( XII IPA2),  Shinta ( XI IPA 1 ), Adelia ( XI IPA 1), Yustril ( XI IPA2), Asad (XI IPA 2), Citra (X3), Yeriko (X2)



penilaian diberikan oleh 3 juri dan penilaian tambahan diberikan oleh para foreigners, foreigners memberikan pertanyaan kepada para kontestant secara langsung tentang tema  yang di bawakan. Pada akhir acara juri mengumumkan pemenang atas pertimbangan para foreigners.



Sungguh suatu yang sangat memotivasi semua siswa-siswa karena di akhir acara salah seorang dari foreigners  Maciej Stachowiak ( Polandia) mengatakan  "bahwa kunci dari  mampu berbicara Bahasa Inggris adalah percaya diri dan  memiliki banyak kosa kata, jangan berpikir terlalu jauh tentang Grammar dan Tenses jika kita belom menguasai kosa kata"




Tidak ada komentar:

Posting Komentar